a little moodbooster

Ini adalah hari yang berat yang harus kami, terutama saya, lalui dengan penuh kepenatan dan air mata. Aku menghabiskan separuh hariku di tempat penenang jiwa.
Dukunganmu yang sedikit itu sangat berarti. Lebih dari itu aku butuh tissue, pundak, pelukan, tepukan bahu, dan penopang agar aku mampu bangkit kembali. Namun tak semua yang kubutuhkan hadir. Nyawaku diujung tanduk, semangatku telah buyar, dan tak mampu lagi ku retas hari. Aku limbung, hancur.

Published with Blogger-droid v1.7.4

Aku Ingin

Aku ingin memiliki lengan yang kuat, agar mampu mengemban kepalamu saat kau ku dekap.
Aku ingin memiliki pundak yang kokoh, agar siap menampung segala beban dan air mata yang kau curahkan
Aku ingin memiliiki telapak tangan yang lebar, agar mampu memegang tanganmu saat kau terseret arus.
Aku ingin memiliki kaki yang kuat, agar mampu juga menopang berat tubuhmu saat kau tak sanggup berdiri di atas dunia.

Ramadhan Sebentar Lagi

Telah datang kepada kalian, bulan agung penuh keberkahan. Bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan.
Marhaban yaa Ramadhan…

 
Temans, guna kelancaran ibadah Ramadhan, saya, dari lubuk hati yang sangat dalam memohon maaf sebesar-besarnya atas segala salah dan khilaf terhadap perkataan, perbuatan, dan prilaku yang menyinggung ataupun tidak disuka. Semoga amal ibadah Ramadhan kita tahun ini mengalami kenaikan yang signifikan. Semoga barokah!

Well, ahad lalu saya menyempatkan diri berziarah (nyekar) ke makam mama dan nyai (nenek). Tak terasa, ini sudah menginjak Ramadhan kedua tanpa beliau. Bila diingat, maka saya masih akan menitikkan air mata mengingat kepergian beliau yang begitu cepat satu tahun yang lalu, dua bulan menjelang Ramadhan. Dan kesedihan beruntun ketika belum genap satu tahun kepergian mama, disusul oleh kepergian sang nenek. Tahun ini berlalu begitu sepi, tidak ada gairah hidup, dan menjadi pangkal segala masalah yang ku hadapi. Begitu aku merindukan mama, doa-doanya, dan amarahnya yang tidak pernah keluar dari mulutnya… aku rindu.. sungguh…

Blogilicious Kito Palembang : See The Blog

Bagaimanapun juga, saya sangat menghormati TOS-nya (term of services) wordpress dalam hal SEO. Maka dari itu, saya coba menggunakan akun saya di blogspot untuk mengikuti lomba semi SEO lokal Blogilicious Kito Palembang yang diadakan oleh idBlogNetwork. Sejatinya saya juga ingin pindah ke sana, tapi mungkin bertahaplah, insya Allah.

Dulu saya juga pernah dibanned gegara gak sengaja memasang badge yang mengandung iklan. Asli saya gak nyadar, sampai akhirnya saya coba mengirimi Matt sebuah email permohonan agar blog saya tidak dibanned. Dan saya pun menghapus badge itu. Cukup deh sekali itu, kehilangan blog seperti kehilangan Hp.

Oleh sebab itu, segala aktifitas saya tanggal 4-5 Juni kemarin telah saya buat reportase dan liputannya. Silahkan membaca tulisan saya tentang Blogilicious Kito Palembang

Blogilicious Kito Palembang : See The Blog

Sejak tiga minggu sebelum hari diselenggarakannya event Blogilicious Palembang, saya sudah minta izin ke keluarga bahwasannya mau absen dari rumah selama tiga hari dan pulang malam karena mau ada event. Buat saya, ini syarat utama saya biar gak kena omel, this is communicatedi.

Pose sebelum panggung dipakai
Selaku anggota komunitas blogger WongKito.net, saya diajak serta Nike Rasyid untuk masuk ke panitia lokal event Blogilicious Palembang dari idBlognetwork. Kira-kira sebulanan sebelum event, kami sudah ngumpul-ngumpul mulai membicarakan event ini. Awalnya saya nggak tahu apa itu idBlogNetwork. Kemudian seperti biasa, saya gugling, mencari tahu lebih tentang idBlogNetwork.

Ini adalah event kedua dimana saya masuk jadi panitia lokal. Yang pertama adalah event Pesta Blogger 2009. Selebihnya beberapa event yang berkaitan dengan blog dan socmed, saya cuma bantu-bantu sounding acara. Ya, Blogilicious, it is heard like ‘delicious’, nikmatnya ngeblog seperti makan cheese cake. Ini ungkapan saya pribadi lho hehehe saya sarikan dari blogging has never tasted this good.

Event Blogilicious ini diadakan di 7 kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, Yogyakarta, Bandung, Jakarta. Palembang adalah kota ke empat telah diselenggarakannya event, tinggal lagi Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Event Blogilicious di Palembang tanggal 4-5 Juni 2011 kami buka free, tinggal daftar aja di eEvent tanpa perlu bayar.

Jumat 3 Juni 2011

Start jam 8 pagi saya, Nike, dan Suzan bersiap menjemput tiga panitia pusat dan pembicara, yakni mas Kukuh, Terren, dan mbak Rika, serta dua orang dari berniaga.com, mas Steven dan Dede’, yang kebetulan satu flight dengan panitia pusat.

Asik mensyen sambil nunggu panitia pusat datang

Dari bandara, kita ajak makan salah satu makanan khas Palembang, yaitu mie celor 26. Setelah selesai kemudian menuju ke hotel Duta tempat pembicara dan panitia pusat menginap. Siangnya giliran kami menjemput mbak Ajeng sendiri yang beda flight dengan rombongan pertama. Kemudian dari sana saya baru tahu kalau sore ini ternyata rombongan dari Kemenlu akan datang juga dan turut ambil bagian di acara guna menyosialisasikan ASEAN Blogger, di antaranya yang saya kenal yaitu mas Aris Heru Utomo, ketua blogger Bekasi. Ba’da magrib saya dan mbak Ira langsung menjemput panitia pusat untuk on air di radio Trijaya FM, talk show mengenai acara Blogilicious besok.
Mbak Mubarika on air di Trijaya FM Palembang

Sabtu, 4 Juni 2011

Pagi hari jam 7 masih ada beberapa pembicara yang baru tiba, yaitu mas Iman Brotoseno, mas Donny BU, dan mas Amril. Dari bandara kami sarapan di Mie Celor 26, kemudian langsung menuju hotel untuk meletakkan barang, lalu menuju venue di Aula Gedung Telkom lantai 4.

Hari pertama dengan jumlah peserta 100 orang lebih diawali dengan materi ringan mengenai tips blogging yang disampaikan oleh pemateri lokal, yaitu humas-nya WongKito.net, mbak Ira Hairida yang unyu (*diklepak). Kemudian mengenai etika ngeblog oleh mas Donny BU. Waktu saya nonton CD @linimas(s)a yang ada mas Donny wawancara bersama mbak Prita, saya perhatikan batik biru dan jam tangan kuning nyentrik itu kayak sudah jadi prototipe beliau untuk perform ahahahaha (nuwun sewu mas). Lanjut mobile blogging oleh mas Setyo Budianto yang membuat saya menancapkan impian tinggi untuk punya tablet. Lalu ada mas Andhika Wijaya yang mengangkat tema Blogpreneur, dimana akhir-akhir ini baru saya ketahui kalau kediaman beliau itu tidak jauh dari rumah saya (apasiyh). Mas Iman Brotoseno, sang sutradara iklan Kuku Bima, menyampaikan tantangan social media di masa depan. Dan terakhir, mas Aris yang mengshare mengenai ASEAN Blogger.

Belum kelar sampai di situ. Sore hari ada acara gathering sama panitia. Tempat yang paling sering kita pakai jika ada tamu dari luar kota adalah River Side Restaurant. Tempatnya yang adem semilir angin senja yang lembut, cuaca yang sudah mulai mereda, membuat acara kumpul ini jadi nikmat.

Malamnya kira-kira jam 20.00 mbak Ajeng mengajak kami buat hunting durian, kalo di Palembang mah lebih singkat nyebutnya “duren”. Kami ajak menuju daerah Pasar Kuto. Setelah dari sana, kami mampir ke halaman Masjid Agung Palembang buat foto-foto.

Ahad, 5 Juni 2011

Hari kedua diawali dengan demo memasak semur jengkol, eh maksudnya mbak Ajeng aka. ajengkol membawa materi tentang SEO. Kalau teringat obrolan semalam sebelumnya, beliau bilang “SEO itu enaknya langsung dikerjakan, diaplikasikan. Lha kalau harus menuangkannya dalam bentuk materi presentasi itu mulai dari mana ya yang mau ditulis”. Dan sebelumnya saya juga “cuma” mendengar tentang SEO, belum tertarik banyak. Tapi begitu akan diumumkan kontes semi SEO, koq saya jadi tertarik untuk mencoba. Mudah-mudahan ini awal yang baik. Oiya, mbak Ajeng ini ternyata adalah seorang dosen di FKUI, gak nyangka beliau itu seorang dokter. Suatu kali dalam perbincangan beliau mengeluh, “Aduh, kantor lagi banyak banget urusannya, mana mau roadshow blogilicious tiap minggu”. Lalu mas Kukuh menjawab, “Mbak, kan pekerjaan utama kita blogger, pekerjaan kantor itu kan kerjaan sampingan”. “Iya, ya betul juga”, jawab mbak Ajeng. Saya jadi merenung banyak.
Next, perkenalan dari Berniaga.Com oleh mas Steven. Ngomong soal Berniaga.com, di booth depan saya juga banyak tanya-tanya sama mas Dede’ tentang apa itu berniaga.com. Ternyata agak beda lho dengan web penyedia jasa iklan yang lain. Bedanya dimana, silahkan langsung menuju tekapeh.
Lanjut presentasi dari mbak Mubarika dan mas Kukuh tentang monetizing blog. Awal saya punya blog hanya sebagai tempat cuap-cuap dan menumpahkan energi lebih yang gak bisa disalurkan dari mulut. Namun seiring berkembangnya usia, zaman, dan teknologi, saya juga makin bisa memperhatikan kualitas dan kuantitas tulisan saya. Makin kemari, makin berminat untuk mengembangkan blog sebagai tempat berekspresi, terlebih setelah makin mengenal idBlognetwork, bagaimana agar blog saya bisa ‘menghasilkan’ and useful enough, maaf curcol. Nah kelar mereka perform, ada kuis seru berhadiah job review. Ketika lunch break,  mb Ajeng sempat mengumumkan lomba SEO lokal dengan keyword Blogilicious Kito Palembang dan lomba SEO nasional dengan keyword idBlogNetwork Pilar Blogger Setelah lunch lanjut ke materi themes design dari pembicara lokal tapi terkenal, Pak Andi Saleh, yang dikenal banget dengan pengelolaan theme-nya yang keren-keren di web-web yang pernah beliau buat. Adalah mas Terren yang tampil di materi terakhir mengenai blogging security. Awalnya saya kira ini materi yang cocok bagi blogger “ngepas” macam saya sebagai pengguna blog gratisan. Tapi ternyata materinya teknis banget, terlebih ini cocokan untuk pengguna blog berbayar alias premium, yaaa kagak ngarti dah gua! Apa boleh buat hehehe.
Blogilicious Kito Palembang

Terimakasih idBlogNetwork yang telah mempercayakan pelaksanaan event lokal pada WongKito.net. Alhamdulillah secara umum berjalan lancar dengan berbagai kekurangan sana-sini. Terimakasih juga atas obrolan-obrolan ringan selama memandu bersama panitia. Harapannya, acara serupa Blogilicious Kito Palembang dapat kembali dilakukan di tahun mendatang. Untuk kota Palembang, saya rasa memang perlu banyak dilakukan event serupa agar memotivasi masyarakat terutama masyarakat pengguna internet untuk semangat ngeblog dan menulis.