Curhat Gigi (part two)

Aduh Ndah… gusi mbak kalo lagi bengkak-bengkak sakitnya minta ampun… bisa-bisa Mas Afin mbak marahin terus“. Nah yang ini lain lagi ceritanya. Kasusnya seorang mbak yang curhat (teman saya juga), sedang hamil muda anak pertama, mengalami gusi bengkak-bengkak dan nyeri ketika memasuki usia kandungan sekitar tiga bulan, dan sekarang sudah enam bulanan. Gusinya masih bengkak. Doh! kesian banget deh. Jadi nyesel, kenapa pas kuliah periodonsi gak saya tanyakan kepada dosenku yang cantik itu, gimana rasa gusi beliau ketika hamil dan diapakan *weheheheheeh, ngayal! Oke deh, gakpapa, saya masih bisa belajar dari literatur lain dan pengalaman sejawat saat hamil.

Intinya, ketika hamil memang terjadi eksodus hormon besar-besaran *halaaahh bahasa kuh! Maksudnya terjadi perubahan hormonal yang cukup signifikan. Morning sickness atau mual-muntah pada pagi hari itu juga salah satu penyebabnya dari perubahan hormonal. Jadi ya kalau mau punya anak harus bersabar *uhuk*. Saya gak akan nganar ngebahas si morning sickness. Fokus saya pada masalah pembengkakan gusi, atau istilah ngingrisnya pregnancy gingivitis. Istilah gingivitis kehamilan dibuat untuk menggambarkan keadaan klinis peradangan gingiva yang terjadi pada kebanyakan wanita hamil (Lynch,.l984) *cuii lengkap uy*. Ada bermacam hal yang bisa dilakukan untuk perawatan gingivitis ini. Namun initnya adalah sang ibu hamil menjaga kondisi rongga mulut agar senantiasa bersih, bila perlu bisa menggunakan obat kumur yang banyak dijual dipasaran atau yang tradisional macam daun sirih pun boleh.
Ada baiknya sebelum merencanakan kehamilan, sang ibu juga memperhatikan kesehatan rongga mulut maupun gigi sedini mungkin. Bila ada gigi fokal infeksi (penyebab infeksi) yang mungkin perlu dicabut, scalling atau pembersihan karang gigi, penambalan gigi, sampai masalah identifikasi ada atau tidaknya penyakit kronis, ataupun kanker. Jadi bisa dicegah dan diobati lebih awal sebelum terjadi kehamilan
Saya jadi berpikir, mungkin kita pernah mengikuti kursus atau seminar pranikah, atau perawatan kecantikan pranikah, nah bila nanti saatnya saya akan membuat paket perawatan gigi dan mulut lengkap pranikah hihihihi *curcol*
NB : Kalau rajin, bisa baca-baca sumber unggahan tulisan saya dari sini
Pesan sponsor : Jaga kesehatan gigimu, cegah gigi berlubang dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, dan sebelum tidur!
Advertisements

Curhat Gigi (part one)

Sudah lama gak update tulisan. Lagi gak mutu nih! Saya bagi-bagi cerita saja tentang hal-hal yang masih teringat di liang otak saya tentang beberapa moment yang melintas dan memendam di memori terdalam *sigh*

Tepat tadi siang, saya kebetulan shalat ashar di Masjid Agung dan bertemu Mbak Yeyen (temanlah). Dia tanya sebelumnya tadi siang darimana, ku jawab saja tadi dari bimbingan. Kemudian beliau melihat berkas pengesahan judul, lalu bertanya, “Eh, ekstraksi apan sih?”. “Cabut gigi mbak”, jawabku seadanya. Kemudian pertanyaan berkembang, mulai dari gimana sih gigi itu boleh dicabut? Lantas saya bercerita apa tujuan-tujuan perawatan gigi geligi itu, antara lain yang paling penting adalah mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut. Sisa akar sekalipun bila sesuai indikasi bisa direstorasi sedemikian rupa tanpa perlu dicabut. Tentunya dalam pemeriksaan harus memperhatikan gigi dan yang empunya gigi secara menyeluruh, sampai dibuat keputusan untuk dicabut.

Saya contohkan satu kasus dari dosen saya yang kebetulan bertugas di puskesmas salah satu kecamatan yang banyak premannya (ehm… gak perlu disebut yah, nanti ada yang nimpuk saya pake sajam hehe). Ceritanya datanglah seorang preman bertato dan berbadan besar ke dokter gigi di puskesmas tersebut. Dia mengeluh sakit gigi dan tidak bisa tidur, sehingga mati-matian meminta agar giginya dicabut, tapi dokter gigi yang bertugas enggan mencabutnya karena gigi si preman sedang sakit dan bengkak, maksudnya agar diberi obat-obatan sampai nyeri dan bengkaknya reda baru kemudian dicabut. Sang preman tidak mau tahu, sang dokter gigi pun diancam!! Karena merasa diancam, akhirnya sang dokter gigi mengeluarkan kartu excel eh.. kartu AS-nya. “Begini saja, kalau bapak tetap mau dicabut, silahkan Bapak tanda tangani surat pernyataan ini, bahwa apabila Bapak meninggal setelah saya cabut giginya, maka saya tidak bertanggung jawab sama sekali atas kematian bapak”. Si preman bengong dan bergidik. “Idih, masa’ iya dok nyabut gigi bisa meninggal?”. Penjelasan di awal tadi ternyata lewat saja di kuping preman. Dokter gigi pun dengan sabar menjelaskan perihal penyebabnya. Jadi begini (pake bahasaku sendiri ya..), gigi yang sedang sakit dan dalam keadaan bengkak adalah gigi yang sedang dalam keadaan infasi besar-besaran oleh kuman, tapi kumannya terlokalisir hanya di dalam gigi, daerah syaraf, dan pembuluh darah yang ada di dalam saluran akar gigi. Apabila dilakukan pencabutan maka akan ada pembuluh darah yang pecah, dan kemungkinan infasi kuman pun turut serta bebas masuk ke dalam pembuluh darah di luar gigi, pembuluh darah tersebut bisa beredar ke mana saja, tidak luput jantung sebagai pemompanya. Dan bila kuman-kuman tersebut mencapai atau masuk ke jantung kemudian melekat ke daerah vital ruang jantung maka bisa terjadi suatu hal yang tak diinginkan, mulai dari kerusakan jaringan dan sel di jantung, sampai akhirnya jantung rusak dan tak bisa memompa darah lagi, means anfal alias koit, atau menuju alam baka, bisa juga dikatakan meninggal.

Dan akhirnya preman pun manut pada nasehat dokter gigi.. hehehe…

Pesan sponsor : Jaga kesehatan gigimu, cegah gigi berlubang dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, dan sebelum tidur!

Perjuangan Nyamuk Betina

Kamu tahu kan dengan nyamuk? tahu dong…masa’ tempe huhehe iyep! nyamuk yang suka gigit kamu malam ataupun pagi hari yang bisa buat kulit kamu jadi bentol, merah, dan gatal. Dibalik semua umpatan kita kepada nyamuk, ternyata nyamuk memiliki kisah hidup yang unik yang dapat ditarik hikmahnya.

Dalam daur hidupnya, nyamuk mengalami metamorfosis sempurna, seperti halnya kupu-kupu, dari Telur-Larva-Pupa-Dewasa. Kalau kamu melihat jentik nyamuk di air yang bergerak aktif, itu disebut Larva. Tapi bila kamu melihat yang seperti tanda koma dan tidak bergerak, berarti dia sudah diam berada pada fase pupa. Dari semua pupa yang ada dalam satu kubang, maka yang pertama kali keluar dari pupanya adalah nyamuk jantan. Filosofinya adalah, karena ia jantan maka ia harus duluan, seperti halnya laki-laki yang menjadi pemimpin. Baru setelah jantan keluar dari pupanya, disusul oleh nyamuk betina. Begitu pejantan ini melihat betina yang siap, maka nyamuk jantan segera mengawini nyamuk betina. Namun begitulah hidup, dia yang duluan datang, dia pula yang duluan pergi. Setelah kawin, nyamuk jantan langsung tewas, hiks…janda deh nyamuk betinanya (*hehehe)

Nah, tidak selesai sampai di situ Karena si betina sudah dikaruniai benih dari si jantan tadi, maka betina wajib menjaganya, memberinya nutrisi, sampai telur-telurnya menetas ke air. Di sini kita lihat lagi filosofinya, betapa sang induk akan sangat menyayangi anaknya dan akan terus berjuang untuk menghidupi anak-anaknya walau bahaya menantang. Lho, kenapa bahaya yang menantang? Benar sekali! Kamu tahu, nyamuk yang suka menggigit kamu ternyata adalah nyamuk betina, karena kebutuhan betina untuk makan dan memberi nutrisi bagi benihnya. Walau dengan konsekuensi dan resiko besar di tabok oleh manusia yang digigitnya, namun sang induk tetap berjuang agar bisa menghisap darah (*hahahhaha…)

Sudah deh cukup. Penjelasan tambahan :

Nyamuk betina menghisap darah untuk mengambil protein darah guna perkembangan benih nyamuk. Sangat suka darah manusia, namun kadang, darah hewan pun jadi. Sedangkan nyamuk jantan memperoleh nutrisi dari sumber lain seperti sari, gula, dsb. Kalau kita menaruh semangkuk kolak di tempat gelap saat magrib atau petang, sejam kemudian biasanya kita menemukan nyamuk terjebak dalam kuah. Bisa dipastikan itu nyamuk jantan.

Nyamuk juga bukan penyebab demam berdarah. Sebtulnya ini hanya salah kaprah saja, karena kebanyakan iklan suka “mau gampang”nya aja. Penyebab demam berdarah sebetulnya dari virus DHFV (Dengue Haemoragic Fever Virus), sedangkan nyamuk adalah vektor pembawa. Begitupula dengan malaria.

Dedicate to my Parasit’s teacher, Mr.Ramdja

Ica Demam

Sudah tiga hari ini ica (8 bulan) ga terdengar tawanya, diawali dengan pilek, kemudian badannya panas. Rewel terus, dan maunya digendong. Nah, sedikit tips bagi para pasutri muda yang baru mempunyai bayi, perawatan awal di rumah bila anak anda demam.

Utamanya, anda harus tahu perubahan yang terjadi pada bayi/anak anda, misalnya badannya panas, anak tidak bersemangat, lesu, atau sedang musim penyakit pancaroba. Beri anak anda banyak air minum dan vitamin agar tetap nafsu makan. Bila memungkinkan, sebaiknya anda mempunya termometer pengukur suhu tubuh, jadi bisa memantau seberapa panas anak anda. Termometer sudah banyak dijual dipasaran. Kalau anda punya bayi, jangan lelah untuk sering-sering memberi asi. Bila semakin panas, bisa diberi obat penurun panas sperti sanmol atau paracetamol sesuai dosis. Tetap kompres anak anda. Pakaikan pakaian yang tidak terlalu tebal, bila kakinya terasa dingin pakaikan kaos kaki. Bila panas bayi mengkhawatirkan, silahkan kunjungi dokter agar diberi obat antibiotik dan lainnya.

Kebanyakan bayi berusia 7-24 bulan mengalami demam disebabkan tumbuh gigi. Biasanya badan terasa hangat 1-3 hari. Hal seperti in ilumrah terjadi, namun respon di tiap anak berbeda-beda. Tidak perlu cepat-cepat diberikan obat penurun panas, kecuali sangat mengganggu. Cukup diberi banyak minum, susu atau ASI, dan vitamin.

Manfaat Pisang

Halal Guide — Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg dan air 72 gram.  Berbagai kandungan vitamin, mineral, karbohidrat dan sedikit lemak dari pisang, memberikan kemanfaatan yang besar untuk kebutuhan medis.

Anemia : Kandungan besi yang cukup tinggi pada pisang dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah untuk membantuk kasus anemia.


Tekanan Darah: Buah tropis ini secara ekstrim memiliki kandungan potasium tinggi tetapi rendah garam, menjadikan pisang makanan yang bagus untuk membantu penurunan tekanan darah. Lembaga Food and Drug Administration Amerika memperbolehkan pengusaha pisang untuk membuat klaim bahwa pisang dapat mengurangi resiko tekanan darah dan stroke.

Kekuatan Otak : 200 pelajar sekolah Inggris terbantu menyelesaikan ujian akhir dengan makan pisang pada saat sarapan, istirahat dan makan siang karena pisang meningkatkan kekuatan otak. Riset juga menunjukkan kandungan potasium pada pisang membuat pupil lebih aktif sehingga membantu proses belajar.

Konstipasi : Pisang tinggi serat, sehingga membantu proses pencernaan dan mengatasi sembelit tanpa harus memakai obat pencahar.

Depresi: Berdasarkan survey MIND kepada pasien penderita depresi, menunjukkan pasien merasa lebih baik setelah mengkonsumsi pisang. Ini disebabkan pisang mengandung tryptophan yaitu suatu tipe protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin yang membuat efek relax, memperbaiki mood dan secara umum membuah perasaan bahagia.

Panas Dalam: Pisang memiiki efek antacid alami dalam tubuh, jadi kalau anda menderita panas dalam cobalah mengkonsumi pisang untuk memicu penyembuhan.

Morning Sickness: Ngemil pisang untuk ibu hamil membantu menjaga kadar gula darah sehingga mengurangi morning sickness.

Gigitan nyamuk: Sebelum mengoleskan krim gigitan serangga, cobalah mengoleskan bagian dalam kulit pisang ke daerah gigitan. Banyak orang membuktikan manfaatnya untuk mengurangi benjolan dan iritasi akibat gigitan.

Syaraf : Pisang mengandung vitamin B tinggi yang membantu menenangkan sistem syaraf.

Kelebihan berat badan dan stressing pekerjaan: Riset di Institute of Psychologi Austria menemukan bahwa tekanan selama bekerja meninggi jika mengkonsumsi makanan seperti coklat dan snack krispi secara berlebihan. Pada 5000 pasien rumah sakit, peneliti menemukan pasien paling obesitas rata-rata berada dalam pekerjaan dengan tekanan. Laporan riset menyimpulkan, untuk menghindari kepanikan yang mendorong rakus menkonsumsi makanan, kita perlu mengendalikan kadar gula darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam, dan pisang salah satu makanan yang sesuai.

PMS: Lupa minum pil PMS? makanlah pisang. Kandungan vitamin B6 mengatur kadar gula darah, yang dapat mempengaruhi mood.

Seasonal Affective Disorder (SAD): Pisang membantu penderita SAD karena mempunyai kandungan trypotophan.

Stres: Potasium dalam pisang merupakan mineral vital, yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika stres, metabolisme tubuh meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Mengkonsumsi pisang dapat menyeimbangkan kembali kadar potasium tubuh.

Stroke: Berdasarkan riset The New England Journal of Medicine, mengkonsumsi pisang sebagai konsumsi harian menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga 40%.

Mengontrol Temperatur: Di beberapa negara, pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.

Maag: Pisang digunakan sebagai makanan untuk melawan kerusakan usus karena teksturnya yang lembut. Pisang adalah satu-satunya buah yang dapat dikonsumsi langsung tanpa membahayakan pasien iritasi atau kerusakan usus. Pisang juga menetralkan kelebihan asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi perut.(dkm)

sumber: http://www.halalguide.info/content/view/943/839/

Makanan Berkhasiat Setara Facelift

buat yang mau awet muda ^^

Jika sedini mungkin Anda rajin mengonsumsi makanan yang tepat, Anda tak perlu repot melakukan facelift.

Ada 10 makanan super untuk awet muda, menurut ahli nutrisi dari Australia, Anna Bearpark. Makanan-makanan itu sangat tinggi antioksidan, sehingga ampuh menghilangkan kerut.

1. Buah kiwi

Kandungan vitamin C buah kiwi sangat tinggi. Vitamin C ini bermanfaat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terjadinya bekas luka. Studi pada Laboratory of Connective Tissue Biologi di Belgia berhasil mendemonstrasikan kemampuan vitamin C dalam hal meningkatkan tingkat sintesis kolagen di kulit dalam hal meningkatkan tingkat sintesis kolagen di kulit dalam jumlah yang signifikan. Kolagen ini adalah jaringan di kulit yang membuat kita tampak muda.

2. Wortel

Wortel adalah sumber betakaroten, antioksidan yang mengubah vitamin A dalam tubuh. Vitamin A ini membantu kulit terlihat sehat, lembut, dan halus. Sebuah studi di University of Arizona membuktikan bahwa 50 000 IU vitamin A sehari memberikan perbaikan pada kulit yang rusak terkena sinar matahari sampat 81 persen.

3. Ikan laut dalam

Sarden, makerel, dan salmon, kaya akan asam lemak esensial omega 3. Asam lemak ini membantu menjaga kehalusan dan kelembaban kulit. Studi di University of Catania Italia pernah meneliti kemampuan minyak ikan omega 3 dalam menghambat kulit terbakar sinar matahari. Hasilnya, semakin tinggi konsentrasi omega 3 di darah, lebih kuat aktivitas antipembengkakan dalam tubuh dan semakin rendah pula tingkat kulit yang terbakar.

4. Sayuran berdaun hijau

Sayuran seperti peterseli dan bayam membantu menjaga kemudaan kulit, rambut dan mata. Itu karena sayuran itu mengandung klorofil, yang melindungi sel dari bakteri dan radikal bebas. Studi pada the Unit of Human Nutrition Roma, ditemukan bahwa makan selada segar meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sampai 6 jam setelah dikonsumsi.

5. Anggur

Sumber antioksidan kuat bernama resveratrol ditemukan dalam buah anggur, minuman anggur merah, dan jus anggur ungu. Resveratrol itu punya efek perlindungan untuk jantung dan membantu mengatur siklus hidup sel, sehingga membantu membuat Anda terlihat awet muda.

6. Telur

Kadar protein yang tinggi menjadikan telur makanan unggul. Protein itu diperlukan untuk menjaga kesehatan kolagen. Telur juga mengandung biotin yang bermanfaat menjaga kesehatan kelenjar sebaceous, kelenjar yang mengeluarkan minyak untuk menjaga kekenyalan dan kelembaban kulit.

7. Minyak zaitun

Minyak ini kaya akan asam oleic, vitam E, dan antioksidan. Semua itu bermanfaat mencegah kekeringan pada kulit dan menjaganya dari kerusakan karena faktor lingkungan. Minyak zaitun juga melindungi jantung dan pembuluh darah dari penyumbatan aterosklerosis yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Suplai oksigen, vitamin, dan mineral ke kulit jadi lebih lancar berkat kerja minyak zaitun, sehingga kulit jadi terlihat awet muda.

8. Tomat

Kandungan gizi penting dalam tomat adalah vitamin A dan likopen, salah satu jenis antioksidan juga. Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2005 oleh para ahli di Institute of Biochemistry and Molecular Biology di Dusseldorf, Jerman, menemukan bahwa likopen mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari sampai 48 persen. Selain itu, likopen juga baik untuk mencegah keriput

sumber : idonline