Membangkitkan ‘Passion’ yang Hilang

Ujian pretest koas memang belum jelas tanggalnya. Saya sudah mati rasa duluan. Berbulan-bulan jauh dari buku dan diktat, malah mendekatkan diri pada yang namanya ‘hobi’. “\Passion atau gairah atau semangat saya pada profesi nampaknya surut dan memudar. Beberapa hari ini mencoba menghubungi teman-teman lama, dan alhamdulillah silaturrahim meski lewat telpon cukup memberi titik terang untuk membangkitkan semangat lagi. Gak mudah untuk membangkitkan semangat yang menyurut, belum lagi pertanyaan-pertanyaan seperti, “kerja dimana”, “tugas dimana”, “praktek dimana”, sampai “sudah nikah belum”. ewww….

Ya, saya tahu perjalanan koas bukan suatu proses yang gampang, dan yang pasti bukan sebentar. Rasanya kok untuk menjadi manusia berguna masih jauuuhh banget pangkalnya. Entah apa yang saya cari sebenarnya. Ini adalah sisa usaha untuk membahagiakan orang tua.

Akhirnya tiba saya di photo album di facebook milik dosen dan teman saya. Melihat pemandangan-pemandangan indah di Lembata NTT, atau di Papua, atau di daerah pegunungan di Jawa yang landscapenya subhanallah…. Mungkin sesuatu yang bukan goal awal dari profesi juga bisa dijadikan motivasi ya hehehe. Cepet-cepet ngelarin koas biar masih punya waktu untuk PTT di daerah yang jauh sambil keliling Indonesia….

Lasiana Beach, Kupang
Pantai Baja, Lembata
Pulau Komodo

Pasien temen, anak Timika Papua

Sunrise di Gunung Merbabu

Aaahhh tidaaaakkkk… itu gawean temen-temenku semua selepas koas, selesai dari program profesi. Mudah-mudahan ini bisa jadi motivasi, walau bukan motivasi kuat untuk menopang kembali semangat yang melempam.
Ayo semangattt!!!!

Gambar paling atas dan paling bawah adalah hasil googling, selebihnya saya copy dari album teman di FB. Makasih

3 thoughts on “Membangkitkan ‘Passion’ yang Hilang

Leave a Reply

