Dua Tahun Bersama

Gak terasa, sudah dua tahun lebih bersama Plurk, suatu jejaring sosial yang saya gunakan sebagai tempat nyampah asli! hehe.

Saya kenal Plurk jauh lebih dulu dari Facebook. Sign up pertama kali Juli 2008 karena ketularan teman-teman di milis, sedangkan Facebook baru akhir Januari 2009, dan Twitter di akhir tahun 2009 kalau tidak salah. Plurk tentunya lebih sederhana dari Facebook, tapi agak mirip dengan Twitter. Bedanya, Plurk mempunyai ‘karma’ yang memiliki nilai atau poin, sehingga bisa bersaing angka karma. Beberapa jenjang poin akan mendapatkan emoticon yang semakin unik dan lucu, sehingga bisa lebih ekspresif. Karma tertinggi adalah 100 atau disebut dengan ‘nirvana’, sudah mencapai puncak. Di plurk ini juga bisa menyisipkan foto ataupun video. Tidak update plurk, maka nilai karma juga bisa berkurang, dan sebaliknya.

Lantas apa sih yang didapat selama dua tahun ini? 

Tiba-tiba saja saya teringat setelah membaca status teman tentang kebersamaannya selama dua tahun di Plurk. Saya juga demikian. Sedikit memutar memori, jejaring sosial yang unik ini menyebar di kalangan blogger, dari milis ke milis, dari komunitas ke komunitas. Sehingga yang pertama kali saya dapat adalah “temans” dan jaringan sosial. Saya juga menguntil persahabatan para zoo plurker, persahabatan yang tertaut awalnya dari plurk, dari plurker Palembang sampai Jogja, dan ada yang sempat pacaran pula hahahahaa sotoy bin dodol*ups!

Awalnya plurk juga ramai sebelum twitter merajalela. Kemudian banyak yang meninggalkan plurk dan hijrah ke twitter. Entah mengapa, saya sendiri masih nyaman pakai plurk daripada twitter. Mungkin karena timelinenya yang unik, dan juga emoticonnya yang ekspresif banget, lucu! Akhirnya setelah beberapa waktu, saya mulai mendelete teman-teman yang sudah tidak aktif, juga beberapa teman yang kalau membuat postingan status suka gak bisa ku mengerti bahasanya. Dan tersisalah beberapa teman yang masih meramaikan jagad dunia Plurk! Beberapa diantaranya sahabat-sahabat dekat, teman segank, tukang bagi info dan berita, juga gosip.

I feel free!! setidaknya tidak ada teman kampus dan dosen yang include di dalam Plurk, jadi bisa tambah ekspresif lagi dalam mengeluarkan uneg-uneg *siap-siap dilempar batu*, ditambah lagi dengan fasilitas memprivate timeline sehingga yang bukan teman tidak bisa membaca. *girang bin sumringah*  


8 thoughts on “Dua Tahun Bersama

  1. Saya juga sudah lama menggunakan plurk, sudah lupa berapa lama. Tapi saya suka, lebih menyenangkan daripada menggunakan twitter atau facebook. Ha ha…, kadang nulis sembarangan (yah…, nyampah juga sih) di plurk…

    Banyak kenangan dah … 😀

  2. plurk ayuk jg hanya berisi teman2 kampus,krn jdwal kuliah dadakan berubah ya diumumin di plurk, trus tmn2 pici, dah! Itu doang 😀 bnyk yg di del, pun dia aktif jg krn sebel aja sm status2nya yaaa tak del :devil: haaaaa senengnyaaa bisa bercengkrama di plurk! ngilangin stress kalo lg bete nungguin antrean atooo tiba2 insom nya kumat :mrgreen: po lg ado ujuk di plurk, waaah tambah betah deh saya! 😀

  3. seingat saya, twitter itu sempet “eksis” dahulu daripada plurk cuma bedanya twitter belum lah se-booming sekarang ini.

    btw, akun plurk @sakaputra ikut dihapus ya? kan dah gak aktif tuh.. 😀

  4. wuah klo aku kbalikan fb dulu baru plurk n twitter hehehe
    wkt itu bikin plurk n twitter barengan,
    tapi plurk bikin smangat karna ada nilainyaaa
    cuma akhir2 ini uda despret karena suka lupa apdet status jadinya mulai hijrah ke twitter, soalny di sini ad bnyk apdetan info hehe
    jadi lumayan lah soalny aku srg dibully2 karna gak apdet brita hehe 🙂
    curhat jadiny haha tp plurk puny sejuta kenangan banget,gonna miss it

  5. @Mb Amel : klo nyamfah+curhat2an gt emg enakan di twitter, twitter daku pun diprivate 😛

    @Ucrit : plurk seru karena komen2nya

    @Ruray : opantes udah ga pernah update plurk lagi ru

Leave a Reply

