Curhat Gigi (part two)

Aduh Ndah… gusi mbak kalo lagi bengkak-bengkak sakitnya minta ampun… bisa-bisa Mas Afin mbak marahin terus“. Nah yang ini lain lagi ceritanya. Kasusnya seorang mbak yang curhat (teman saya juga), sedang hamil muda anak pertama, mengalami gusi bengkak-bengkak dan nyeri ketika memasuki usia kandungan sekitar tiga bulan, dan sekarang sudah enam bulanan. Gusinya masih bengkak. Doh! kesian banget deh. Jadi nyesel, kenapa pas kuliah periodonsi gak saya tanyakan kepada dosenku yang cantik itu, gimana rasa gusi beliau ketika hamil dan diapakan *weheheheheeh, ngayal! Oke deh, gakpapa, saya masih bisa belajar dari literatur lain dan pengalaman sejawat saat hamil.

Intinya, ketika hamil memang terjadi eksodus hormon besar-besaran *halaaahh bahasa kuh! Maksudnya terjadi perubahan hormonal yang cukup signifikan. Morning sickness atau mual-muntah pada pagi hari itu juga salah satu penyebabnya dari perubahan hormonal. Jadi ya kalau mau punya anak harus bersabar *uhuk*. Saya gak akan nganar ngebahas si morning sickness. Fokus saya pada masalah pembengkakan gusi, atau istilah ngingrisnya pregnancy gingivitis. Istilah gingivitis kehamilan dibuat untuk menggambarkan keadaan klinis peradangan gingiva yang terjadi pada kebanyakan wanita hamil (Lynch,.l984) *cuii lengkap uy*. Ada bermacam hal yang bisa dilakukan untuk perawatan gingivitis ini. Namun initnya adalah sang ibu hamil menjaga kondisi rongga mulut agar senantiasa bersih, bila perlu bisa menggunakan obat kumur yang banyak dijual dipasaran atau yang tradisional macam daun sirih pun boleh.
Ada baiknya sebelum merencanakan kehamilan, sang ibu juga memperhatikan kesehatan rongga mulut maupun gigi sedini mungkin. Bila ada gigi fokal infeksi (penyebab infeksi) yang mungkin perlu dicabut, scalling atau pembersihan karang gigi, penambalan gigi, sampai masalah identifikasi ada atau tidaknya penyakit kronis, ataupun kanker. Jadi bisa dicegah dan diobati lebih awal sebelum terjadi kehamilan
Saya jadi berpikir, mungkin kita pernah mengikuti kursus atau seminar pranikah, atau perawatan kecantikan pranikah, nah bila nanti saatnya saya akan membuat paket perawatan gigi dan mulut lengkap pranikah hihihihi *curcol*
NB : Kalau rajin, bisa baca-baca sumber unggahan tulisan saya dari sini
Pesan sponsor : Jaga kesehatan gigimu, cegah gigi berlubang dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, dan sebelum tidur!
Advertisements

2 thoughts on “Curhat Gigi (part two)

  1. iya riek gak bisa dateng, aku ngabarin via sms itu biar rame yg dateng, aku sms si idrus jg kok, dan udah ngabarin mbak Lies perihal ketidak datangan hee… maaf ya, ^_^v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s