Bersama Penulis


“Abang sudah makan nak? jangan lupa diminum obatnya, banyak minum air putih. Mana mbak? sini ummi mau bicara. Apakabar sayang?…” dst..

Kira-kira itulah sepenggal percakapan antara ibu dan anak-anaknya yang terpisah jauh. Teknologi selalu memberi kesan bahwa jarak tidak ada artinya, tetap bisa mengontrol kegiatan anak-anak setiap hari meskipun jarak jauh membentang. Namun pertemuanlah yang sesungguhnya hanya mampu menggenapkan rindu, tak akan ada bantahannya, apalagi berhubungan dengan psikologis anak-ibu. Begitulah Sinta Yudisia, seorang ibu muda berusia 36 tahun, penulis novel best seller The Road to The Empire (sekarang sudah terbit novelnya berjudul Reinkarnasi, dan di bulan Juni mendatang akan segera terbit novel berjudul Existere), yang saya dampingi selama kurang lebih dua hari. Pengalaman yang luar biasa!!

Diawali di Sabtu pagi saya nemenin teman-teman dari FLP Palembang untuk menjemput mbak Sinta Yudisia di bandara, sekaligus memfasilitasi transportasi beliau selama di Palembang. Agenda hari sabtu itu cukup padat. Saya manut saja pada jadwal acara panitia untuk mbak Sinta. Setelah pagi di jemput di bandara, langsung dibawa ke mess tempat diadakannya rakerwil FLP Sumsel. Kemudian di lanjutkan acara bedah buku novel “Reinkarnasi” di toko buku Gramedia Atmo sampai pukul 5.30 pm. Nggak sengaja ketemu Huang di sana, dan kami ngobrol-ngobrol macem-macem walau gak terlalu lama. Antusias yang nonton lumayan rame, kayaknya 80% yang duduk di sana anak FLP semua hehehe. Malamnya kami berkeliling mulai dari Masjid Agung sampai duduk di angkringan perahu alias warung kopi terapung. Lagi-lagi ketika di perjalanan pulang menuju mess, saya mendengar beberapa kali mbak Sinta yang menelepon anak-anaknya, sekedar menanyakan kabar dan aktivitas yang dilakukan mereka sore ini. Tak lupa pula dengan kerendahan hati memohon agar anak-anaknya mendoakan kesuksesan acara besok pagi. Subhanallah, rasanya kok saya iri gimana gitu, alangkah idealnya keluarga mereka. Inilah yang saya suka jadi petugas penerima dan pendamping tamu, saya bisa banyak belajar dari kehidupan pribadinya, selain saya bisa ngobrol langsung dengan beliau.

Hari Ahadnya kegiatan workshop di hotel Paradise. Peserta yang hadir juga lumayan banyak, dan banyak juga yang berasal dari luar kota Palembang. Mungkin ke depannya perlu lebih sering mendatangkan tamu-tamu penulis buku dari luar kota agar mampu menginspirasi penulis pemula di Palembang dan sekitarnya. Di dalam workshop tersebut, kita disuruh membuat tulisan dengan tema “mengapa ingin menjadi penulis”. Saya sebetulnya sudah membuat tulisan, hanya belum sempat dibacakan dan dikomentari oleh mbak Sinta. Banyak peserta yang menuliskan bahwa menulis membutuhkan inspirasi. Namun di akhir tulisan saya malah membuat kalimat, “Menurut saya, menulis bukan datang dari sebuah inspirasi, melainkan datang dari perasaan butuh”. Entah, apa tanggapan dari mbak Sinta jika membaca penggalan akhir tulisan saya tersebut. hehehe…

Dari hasil keliling-keliling bareng anak FLP kemarin, saya mendapatkan dua buah buku gratis, yaitu Bertambah Bijak Setiap Hari: 5 Matahari, Novel Senyap Musi Sunyi karya Umi Laila Sari dari FLP Palembang, dan membeli sebuah antologi cerpen FLP Ogan Ilir: Malam Jingga.

Terimakasih untuk teman-teman FLP, dan untuk kak Anton yang sudah menjembatani pertemuan luar biasa dengan makhluk FLP Sumsel: mbak Umi, Baiti, meri, Ady Azzumar, Evi, dll.

(ki-ka) Dina – Sinta Yudisia – Indah – Bertha, pose selesai workshop

Advertisements

19 thoughts on “Bersama Penulis

  1. Pantesan aja Pak Leo dari Gramedia tadi bilang kalo temu penulis kemarin pada rame karena si penulisnya ngajak anggotanya sendiri dari luar. Katanya sih mereka ado komunitasnya sendiri gitu. Eee….ternyata rombongan anak-anak FLP ya. He…He…..

    Jumat kemarin sempat kepikiran mo ngangkat novel ini tuk dimuat di Kolom Resensi Buku di Hal Xpresi Sumeks. Tapi karena blm tahu apa2 ttg novel ini, dan dg penulisnya juga gak tahu jadinya fanda ambil buku Piala Dunia 2010 aja. Lagian harga buku Panduan World Cup ini lebih mahal, Rp. 99.000,00 dan lebih elit. Tapi foto buku Reinkarnasinya juga kita muat kok.

    Sabtu kmrn jadwal kuliah fanda emang padet bgt mbak, jadi gak sempet singgah ke Gramedia dan nemuin penulisnya langsung. Sayang bgt sih. He… Oh ya, tuk jumat ini buku yang dimuat di Sumesk bukunya A. Fuadi, Negeri 5 Menara mbak. Hitung-hitung tuk nambah koleksi buku di rumah. Wekekek….

    Mbak, tukeran link yuk !! Linknya mbak dah fanda pasang tuh.

    Syukron,

    • Oke seep! Link-mu sudah ditambahkan.
      Btw, kalau ada bedah buku lagi kontak-kontak mbak dong, maklum kalau weekend itu lebih seneng di rumah kurang ngeh kalau ada event, tapi kalau ada penulis buku datang kan lumayan buat nambah-nambah info

  2. Waaah, bu dokter! Ternyata jago nulis juga. Ayo dong gabung di FLP lalu menulis bagaimana cara merawat gigi! Luv U..ntar kalo bedah buku Existere di Palembang, temenin lagi ya..

  3. “Menurut saya, menulis bukan datang dari sebuah inspirasi, melainkan datang dari perasaan butuh”

    Hmm… bagus nih kata2nya untuk dijadikan penyemangat saat Hiatus 😀

  4. @Fathin : iya betul, itu di Gramedia Atmo. Salam kenal juga!
    @Zico : iya ini penyemangat buat saya, kadang inspirasi tidak sekonyong-konyong selalu datang. Bila kita tumbuhkan dari rasa butuh, maka dia bisa sangat produktif (*serasa gue udah produktif ajah hahah*)
    @Julian : Makin mantaf lagi kalau dibaca 😀
    @kak Harry : iya, emang belum kenal hee.. Emm minat gak ya?? 😀
    @TFH : Makasih.. ^_^

  5. @Yori : seru bangets!
    @Triana : iya nih, mbak aja baru tau ada bedah buku pas hari sabtu pagi itu. Jadi gak terpikir mau ngabar-ngabarin yang lain. Lain kali nanti mbak kontak-kontak kalau ada acara yaa ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s