Catatan Labskill


Labskill atau bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “keterampilan klinik”, SKS terakhir yang ku ambil di semester ini (selain skripsi, doh!). Labskill ini meliputi praktek klinik, post test, pre test, sidang treatment planning (rencana perawatan), sidang Journal Reading (bedah jurnal penelitian), dan penyuluhan. Alhamdulillah semua sudah rangkum hari ini. Sujud syukur banget deh, mudah-mudahan hasilnya tidak mengecewakan.

Labskill dimulai tanggal 22 Februari 2010 silam, jadwal pertama yaitu Oral Medicine, yang kami lakukan yaitu belajar menganamnesa, pemeriksaan ekstra oral, dan intraoral, membuat temuan masalah kelainan rongga mulut, menyusun rencana perawatan lengkap. Pertama masuk cukup deg-degan, karena takut ditanya-tanya gak bisa jawab, alhamdulillah semua berakhir dengan paper hahahaha, tapi papernya masih seputar kasus yang saya temui dan akan didiskusikan. Pasiennya adalah teman saya sendiri, jadi kami dibuat berpasang-pasangan dan saling memeriksa bergantian, ya seru banget.

1 Maret 2010, masuk ke bagian orthodonsi. Orthodonsi sendiri secara bahasa berarti ilmu yang mempelajari pemerataan gigi-geligi. Entahlah, saya agak horor kalau bicara ortho ini, karena menurut saya dosennya agak galak dan perfeksionis. Pemeriksaan pasien di sini juga tidak terlalu beda dengan pemeriksaan pada saat oral medicine, hanya ditambah dengan pencetakan model rahang pasien. Hari berikutnya kami disuruh membawa pasien anak-anak, dan saya membawa keponakan saya sendiri biar lebih kooperatif hehe. Alhamdulillah lancar, yang ribet justru ketika harus menyelesaikan rencana perawatan sampai pada rencana pembuatan alat fungsional (alat ortho) untuk pasien. Bleb!

5 Maret 2010. Post test pertama untuk seluruh bagian yang dilabskillakan. Soalnya essay dan teoritis sangat, sampai pusing saya dibuatnya.

17 Maret 2010. Mulai masuk bagian prosthodonsi, merupakan ilmu yang mempelajari gigi-geligi tiruan. Selain pembuatan status pasien, kami juga diajarkan cara reline dan rebase gigi tiruan yang patah. Termasuk cukup lancar walau ditambah tugas untuk membuat rancangan gigi tiruan yang ideal.

22 Maret 2010. Masuk ke konservasi, merupakan bagian tambal menambal gigi geligi. Nah, terus terang di sini juga cukup stress. Karena pemeriksaan acc dari dosennya berlangsung cukup lama, yang membuat stress itu adalah ‘menunggu giliran’, dan saya sempat mendapat giliran terakhir, pukul 14.30 siang, glek! mana laper pula. Nah dihari berikutnya ganti dosen, yang ini baru seru. Untuk kali pertamanya saya mem-bur gigi teman langsung di rongga mulut (selama ini bekerja di model). Oleh sang dosen, kami dibuat sekenario. Dalam satu kelompok yang terdiri dari tiga orang, masing-masing mengambil peran sebagai pasien, dokter gigi/ operator, dan asisten. Karena ditunjuk-tunjuk teman sekelompok, akhirnya saya yang jadi operator. Yang bikin gemes hari itu adalah si listrik, listriknya naik-turun, sehingga beberapa kali bur di dental chair gak berfungsi. Alhamdulillah kelar juga dengan diakhiri diskusi tentang penyakit pulpa, lancar jaya dengan dua kali maju saja hhehe..

29 Maret 2010. Masuk ke bagian bedah mulut, tapi kita gak praktek bedah loh. Yang dipraktekkan adalah anestesi lokal untuk ekstraksi atau pencabutan gigi. Jadi yang didiskusikan tentang syaraf-syaraf serta metode penyuntikan anestesi. Besoknya kita praktek saling menyuntikkan anestesi (obat bius) lokal ke teman. Kebetulan saya dan Yosi hari itu kehabisan ampul anestesi. Jadi seharian cuma merhatiin teman-teman sampai hafal teorinya, dan kami berdua disuruh datang keesokkan harinya untuk praktek (karena ada nilainya). Karena cuma berdua yang praktek plus seorang dosen pengawas, saya malah deg-degan, karena instruksi hanya saya dengar dari liang otak saya hehehe, kalau ramai seperti kemarin-kemarin kan banyak teman-teman yang membantu. Kami mengerjakan anestesi  blok mandibula dan anestesi supraperiosteal, dan sukses, bibir kami terasa tebal berjam-jam setelah penyuntikan hahahaha!

5 April 2010, Radiologi. Yang ini juga tidak terlalu sulit, karena sudah pernah dipraktekkan sebelumnya. Kalau hanya praktek pengambilan foto rontgen tidak sesulit membaca hasil rontgen itu. Istilah untuk membaca hasil rontgen adalah interpretasi, menerjemahkan selembar foto dengan bacaan yang betul dan macam-macam diagnosa banding. *cmiww..

12 April 2010. Ini yang bikin paling pegel. Hampir setiap hari. Masuk ke labskill periodonsi. Pengisian status pasien, pencetakan model, scalling, dan antrian acc lembar pengesahan yang membuat badan remuk redam. Ada bad story nih, jadi males nyeritainnya secara detail.

19 April 2010. Labskill bagian pedodonsi, ilmu kedokteran gigi anak. Satu kelompok yang terdiri dari 5 orang diinstruksikan untuk membawa seorang anak yang akan diperiksa. Treatment yang kami kerjakan antara lain, pengisian status rekam medik, pemcetakan model rahang, dan fissure sealant.

21 April 2010. Jadwalku sidang treatment planning. Memaparkan semua hasil pemeriksaan mulai dari anamnesa sampai ke rencana perawatan lengkap. Sangat deg-degan, karena sudah lama gak presentasi sendirian, apalagi hanya dihadiri dua orang dosen yang ‘membantai’ hehehe, alhamdulillah lancar *sebanyak apapun keringatku mengucur

Setelah hari itu, hampir tiap hari ke kampus untuk menghadiri sidang jurnal reading teman-teman (wajib hadir), dan sekaligus menyusun rencana untuk penyuluhan kesehatan gigi dan mulut (kesgilut).

8 April 2010. Finally, kami memilih TK Merpati Pos untuk disuluh dengan segenap pertimbangan. Dari berbagai penyuluhan yang pernah saya ikuti, penyuluhan ke anak-anak TK adalah yang tersulit, karena mereka ramai sekali dan agak sulit diatur. Metode yang kami lakukan adalah dengan mendongeng dan bermain puzzle. Dari hasil sharing dengan dosen pengawas, beliau memberitahu bahwa penyuluhan di TK yang kelas sosialnya berbeda juga memberikan feedback yang berbeda. Misalnya, kami yang kebetulan di TK dengan taraf sosial menengah ke atas, anak-anaknya banyak yang bisa memberikaan pertanyaan. Misalnya ketika kami membawa model gigi, anak-anak dengan sendirinya langsung mendekat dan bertanya ini itu. Tapi beda lagi dengan TK yang menengah ke bawah, anak-anaknya cenderung lebih pasif terhadap apa yang disajikan oleh mahasiswa penyuluh.

Penyuluhan di TK Merpati Pos Palembang

10 April 2010. Hari ini post test akhir, alhamdulillah, soalnya di luar dugaan. Sebelumnya saya mengira soalnya akan berupa soal kasus dan essay, ternyata multiple choice (pilihan ganda). Ada rasa enak dan tak enak. Sebetulnya saya prefer ke soal essay, karena bisa saya jawab sesuai dengan perkembangan kasus. Sedangkan jawaban dari soal MCQ adalah mutlak. Alhasil, banyak-banyak doa saja, tetap saya optimis!!

11 April 2010. Sidang jurnal reading saya hari ini bersama lima orang teman lainnya. Judul jurnal saya, “Localized sequential use of resilient lining to generate orthodontic force in thermoformed active removable appliance“, atau artinya kira-kira begini, “Penggunaan resilient lining terlokalisir dan bertahap untuk menghasilkan gaya orthodontik pada thermoformed active removable appliance“. Bluewwwwhh.. nyebutnya aja sampai belepotan gitu. Berminggu-minggu saya baca jurnal ini, tapi tak juga saya mengerti, oleh karena jenis alat ortho ini termasuk baru dan artikel pendukung untuk modifikasi alat ini masih sedikit. Alhamdulillah, saya mulai mengerti justru di waktu-waktu ujung tanduk, tepat semalam sebelum saya presentasi, barulah saya paham seperti apa kira-kira alat yang dimaksud. Dalam jurnal tersebut tidak digambarkan seperti apa alatnya. Di akhir presentasi, sang pembimbing yang sangat baik hati menunjukkan seperti apa alatnya, katanya di Indonesia saja yang punya lisence untuk pembuatan alat ini baru beberpa orang.

*sujud syukur*

next, fokus konsentrasi ke skripsi hehe

Temans, jangan bosan ngedoain saya yaa..

3 thoughts on “Catatan Labskill

  1. Saya ikut senang… 🙂

    Saya takjub juga, itu judul jurnalnya mantep abissssss…. 😀 Gak akan bisa dimengerti ama orang awam. 😆

Leave a Reply

