Kembali..

Seminggu lebih gak ngeposting tulisan, rasanya kangeeen banget ngeliat hits stat yang naik menjulang tinggi wekekeke. Terlalu banyak yang saya lewatkan untuk ditulis-abadikan *halaaah..

Mulai tanggal 12 kemarin saya nangkring di labskill periodonsi yang teramat sangat menyita waktu. Jadwal yang semestinya dua hari, jadi diperpanjang sampai empat hari. Dan di tiap hari yang berbeda itu juga menghadapi tingkat stress bervariasi. Hari pertama, pengarahan dan penjelasan. Hari kedua mulai pengisian status rekam medik pasien yang cukup banyak pemeriksaannya, mulai dari anamnesa, pemeriksaan intra oral, pemeriksaan ekstra oral, pengisian status gigi (ini yang paling panjang), pemeriksaan papilla bleeding index, pemeriksaan HYG pake disclosing agent (itu loh yg warna merah-merah hehe), dan terakhir pembuatan model casting (model cetakan gigi). Dunia mulai kacau memasuki hari ketiga, dimana dosen yang mengarahkan di hari pertama dan kedua tidak hadir hari itu, digantikan dengan dosen lain yang lebih senior. Semua instruksi kacau bahelau, lebih sulit, dan sadisnya lagi salah seorang dosen memberikan statement dengan nada dalam dan menusuk kepada saya di depan pasien *oh kodoooonggg maluall is well.. all is well.. all is well.. Muka tebel aja, memang rada repot scalling manual itu, yang berdarahlah, yang seretlah, yang banyaklah, yang cerewetlah.. Dan di haari terakhir lab, saya masih disibukkan dengan presentasi tugas oral medicine. Dua hari tersebut hanya tidur dua jam, rasanya mata udah mau lepas.

Hari jumatnya bisa bernafas lega. Datang ke kampus hanya untuk menghadiri sidang jurnal reading temans. Setelah itu langsung meluncur ke perpustakaan daerah, harapannya sih biar bisa konsentrasi nerjemahin dan belajar untuk sidang jurnal readingku nanti, hehe malah ketemu temen lama di sana. Alhasil saya memutuskan untuk pulang saja karena sudah kelaparan dan gak punya duit kesian banget sih, *ditimpuk! Hari sabtu pagi, kakakku tercinta akhirnya berangkat, pindah dan menetap ke Bandung, tugas kantornya pindah ke Jakarta sedangkan keluarganya ada di Bandung. Sepi lagi deh rumah. Beliau adalah sosok kakak yang paling ideal menurutku, walau terkadang nyebelin hee..

Hari rabu ini akhirnya berkesempatan untuk sidang treatment planning atau bahasa kitanya sidang rencana perawatan. Sidang yang membahas semua isi rekam medik pasien dari mulai anamnesa, temuan klinis di rongga mulut, sampai dengan membuat urutan prioritas rencana perawatan. Setelah susahnya mencari titik temu jadwal yang bisa antara satu dosen dengan dosen penguji yang lain, nemuin dari kampus ke RS, belum lagi acara gagal ketemu hehehe, kelar juga satu fase. Saya cemas sekali dua hari sebelumnya. Sudah lama gak pernah presentasi, padahal dulu tampil di muka umum bukan sesuatu yang tabu buat saya. Kemana lagi kan ku bawa segala resah hati ini. Ya, ku bawa dia di akhir malam dan di tiap doa sujudku. Kadang saya lupa betapa mudahnya meminta dan berdoa, dan kadang kita terlalu sibuk hingga kita lupa bahwa begitu mudahnya Allah memberikan yang kita butuhkan. Subhanallah, sidang TP ku lalui dengan lancar dan hati riang, tidak ada pertanyaan yang tidak dapat dijawab, semua sesuai prediksi, hanya seorang penguji juga memberikan tambahan dan masukan terhadap satu poin perawatan yang agak sedikit perlu ditinjau lagi prioritasnya. And everything is well, not bad.

Di hari yang sama dengan sidang TP ini, saya juga masih dipusingkan dengan labskill pedodonsi (bagian kedokteran gigi anak). Untungnya, kali ini kerja kelompok, bukan per orang, jadi bisa saling membantu. Hanya saja, tugas yang harus dikerjakan hari ini sangat banyak, mulai dari anamnesa sampai rencana perawatan juga, belum lagi mesti ngantri pemeriksaan pasien sama dosen/dokter jaga, trus pemeriksaan indeks plak, pembuatan model casting, dan yang terakhir fissure sealant (menumpat fissure gigi yang memiliki ceruk dalam).

Allahu Akbar!! hari ini selesai, badan remuk redam, hari terakhir di Lab, dan tinggal nyusun laporan. Sampai lupa kalau hari ini ternyata hari kartini. Selamat Hari Kartini

Advertisements

4 thoughts on “Kembali..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s