Bercermin

“Bik Guru, Bik Guru, PR ananda sudah dikerjakan lhoh…”, nada suara manja ananda sambil menyerahkan buku PR-nya kepada Bik Guru yang memaklumat ananda membuat PR wajib bikin hehehe peace!!

Hal tersulit yang harus ananda lakukan adalah ketika perintah bercermin datang, “bercerminlah dek!”. “Siape loe??”, petanyaan yang senantiasa ananda lakukan tiap pagi hari ketika berdandan sebelum pergi. Sulit rasanya harus memberitahukan siapa diri ananda sebenarnya kepada orang lain. Untuk hal macam ini (pribadi.red), ananda memang cenderung introvert<1>. Dalam usaha ananda menyelesaikan PR, ananda banyak melakukan riset di luar kebiasaan ananda, mulai dari yang sengaja sampai yang tidak sengaja. Mulai dari menyebar kuesioner yang hanya kembali beberapa biji, sampai teman yang membaca garis kehidupan grrr… Ananda harap tidak ada yang terpatung berdiri, asma kumat, pneumonia, pingsan mendadak, syok anafilaktik, atau menderita bell’s palsy karena membaca pengakuan ananda hehehe.

Karena keloyalan <2> ananda, ananda cukup dikenal di mata banyak orang, terbukti dengan hampir penuhnya phone book berkapasitas 1000 nama di hape. Menurut bikpici, ananda ini friendly. Menurut teman kelas ananda ini mudah bergaul, rame, dan mampu memahami iklim hati seseorang. Namun apa yang dimaksud loyal oleh teman-teman ananda ini menurut ananda tidaklah sepenuhnya benar, karena ananda tidak 24 jam loyal dan ananda juga tidak memiliki nyawa seribu (apa hubungannya?).

Dalam keluarga Akil Ujang (kakek), ananda dianggap lucu dan humoris <3> oleh sepupu-sepupu ananda, karena dengan mereka ananda mampu membuat humor-humor kecil, namun tentunya tidak di semua situasi ananda mampu melakukan demikian.

Selain lucu, ternyata ananda juga adalah orang yang pemberani <4>, karena dianggap berani mengambil resiko di saat yang lain tidak ada yang berani, dan julukan preman pun kadang-kadang “dipaksakan” oleh bikpici buat nangkring di nama belakang ananda. Namun kadang, di saat-saat yang lain berani, ananda justru akan tampak terlihat pesimis. Ini adalah poin penting di mana ananda mesti memperbaiki diri.

Kondisi di mana ananda tidak pandai menangani deep presure <5> seringkali melanda ananda di kala bekerja dengan orang banyak dalam keadaan tegang dan pelik. Namun entah mengapa, di saat kondisi kritis ayahanda pasca kecelakaan dua tahun silam dan juga pada kecelakaan tetangga rumah, ananda mampu tenang dan tidak panik sekalipun darah mengibas di tangan ananda. Mungkin itulah karunia Allah sebagai petunjuk bagi ananda hingga bisa lulus SPMB di kedokteran gigi (hyaa..). Kemampuan team work ana juga pilih-pilih. Biasanya di luar kisaran eksakta, ananda tidak terlalu bagus. Namun teamwork dalam kampus ananda seperti kelompok praktikum, kelompok belajar, kelompok tugas, kelompok training in medical, ananda tidak begitu bermasalah.

Berikutnya Miss teknis <6>, wah ananda tidak pandai memilihkan kata-kata yang tepat. Tapi intinya ananda ini pemerhati hal-hal kecil teknis yang remeh-temeh pun bisa jadi bahan kerjaan ananda. Jadi inget dua hari menjelang SPMB ananda sudah tidak belajar lagi, memasuki masa tenang, yang ananda lakukan adalah menyiapkan pakaian dari mulai jilbab sampai kaos kaki, perhatian ananda yang detail sampai pada jenis bahan yang nyaman dipakai ujian, dan corak warna yang mampu membangkitkan ingatan dan mencegah ketegangan saat ujian huehehe

Unstrategygenic <7>, nah ini memang sifat ananda (tidak mampu berstrategi), main di travian aja belum mampu menghitung berapa kekuatan pasukan dan jumlah sumberdaya, pernah dikirim cata dan ram, dan belum apik berdiplomasi dengan desa penyerang hehehe it’s just game, right! masih perlu latihan insting. Di luar dari itu semua, pada kenyataannya ananda memang bukan penyusun strategi yang baik, bisa dikatakan sangat mengandalkan adrenalin untuk bisa menuntaskan suatu strategi perumusan masalah. Ananda senang bekerja dengan tingkat adrenalin tinggi, karena ananda tahu, saat adrenalin tinggi maka akan dibongkarlah banyak energi yang tadinya masuk dalam pencernaan sehingga bisa sekalian membakar lemak (halahhh…). Namun entah mengapa, di beberapa kali struktur kepengurusan, ananda kerap mendapat tempat “sang pemikir” alias konseptor, sehingga hati ananda pun sering berontak, “adowh, bukan gue banget”.

Enterpreneurship <8> ananda bisa merasakan hawanya sejak semester satu. Untung saja tidak dimaklumat sebagai mentri ekuin hehe.

Hormat pada waktu <9>, bisa ananda buktikan dengan jarang sekali ananda telat datang ke kampus, bila tidak ada hal-hal yang betul-betul mengganggu. Untuk tiap kali rapat juga demikian, ananda selalu berusaha datang tepat waktu, namun sayangnya ananda selalu datang duluan hehehe. Namun sehormat-hormatnya ananda pada waktu, ananda malah kerap tidak hormat pada jadwal. Misalnya jadwal mandi sore yang sering brganti nama menjadi mandi malam, sarapan yang berubah menjadi coffeebreak, makan siang yang bergeser menjadi coffeebreak session two, tidur jam 10 malam bergeser jadi tidur jam 12 malam.

Tingkat emosi <10>. Apabila ananda sedang bahagia, maka senyuman akan selalu diumbar; Bila sedang marah, muka akan berlipat-lipat, dan tingkat kemarahan tertinggi ananda ada pada diamnya ananda saat melampaui titik puncak kesabaran; Bila ananda sedang PMS, maka marah yang semestinya bisa ditahan dan diredam, justru keluar tanpa permisi; Bila ingin tahu ananda bohong atau tidak, maka tatap saja bola mata ananda; Bila sedang hilang mood, maka ananda melakukan hal-hal di luar kebiasaan; Bila ananda berada pada puncak kesedihan, maka hanya air mata yang berbicara; Bila hujan turun, ananda senang mencuci motor (apa hubungannya..?)

Dari empat karakter manusia yang ada (Sanguinis, Melankolis, Koleris, Phlegmatis) ananda cenderung bersifat melankolis. Berikut ananda tambahkan karakter melankolis yang ananda temukan di jalanan dan di lorong

KEKUATAN:
* Analitis, mendalam, dan penuh pikiran
* Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal
* Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis)
* Sensitif
* Mau mengorbankan diri dan idealis
* Standar tinggi dan perfeksionis
* Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi)
* Hemat
* Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif)
* Kalau sudah mulai, dituntaskan.
* Berteman dengan hati-hati.
* Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
* Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi
* Sangat memperhatikan orang lain

KELEMAHAN:
* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
* Mengingat yang negatif & pendendam
* Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
* Hidup berdasarkan definisi
* Sulit bersosialisasi
* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya
* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)
* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
* Memerlukan persetujuan

Sebetulnya ada banyak hal lagi yang belum ananda tuliskan. Namun, disuruh bikin sepuluh saja ananda sudah pusing, tidak tidur, tidak makan hahaha lebay.. Silahkan bagi yang menambahkan, ananda akan berusaha lapang hati menerima segala tambahan yang anda semua berikan, terutama tambahan uang jajan gyegegege

Thanks berat buat sharingnya kepada bikpici, mbak uyik, Shelvy, Ida, Yossy, Desi, Mona, dan sepupuku Rodiah

Advertisements

19 thoughts on “Bercermin

  1. *ad yg minta komenk na… :mrgreen:

    hihihi.. indah.. bener2 tepat waktu, barusan di test, yo la nian bibik sikok ni emang disiplin 🙂

  2. hoaaaaa.. *tuukk.. jitak amel

    beli es campur jugo aahh..

    dem ngejunk lah kamu yoo.. nak makan duluuuu..

    indaaahh.. ayuk salut dg dirimu.. INTIME banget 😀 heheh.. mangapkan ayuk telat setengah jamm..

  3. terus….terus….lajula… jangan berenti sampe soto di dapur kosong ye.. ngejangla…

    @amaliasolicha n @bibikpici: ananda sudah membuktikan ke INTIME-an yang ananda tulis hihihihih lebay 😀

  4. baleeeeeek wooyy.. jadilaah.. dak jingok apo satpam itu kumisnyo la naek galoo?? bikpici nak bimbingan pulo naaah..

    *towel indah..

    dek dek.. anter ke simpang charitas dunk..

  5. Pingback: Bercermin « WongKito “di” Watch

  6. Ai cam cam…ruponyo men lah tekumpul nih samo be.

    *Sambil nyeleti Indah samo Yuk Nita, minta kenalke samo Amel.

    jugo

    *Kiro-kiro pacak milu makan dak ye. men aku balek gek.

  7. Yang pasti…Indah tu baek hati. Suka menolong. Dan sangat respek. Cepat, sigap.

    *Hm…, caknyo bakal ditrakter ini men lah di Plembang, hahaha.

    Mokaseh bantuannyo selama ni Min….

    *Njuk tahu men kau dak senang dipanggil Mimin, benyok-benyokke kalu ado yang ngatoi kau cak itu di WK. Hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s