Cara Bemusyawarah/ Dialog/ Diskusi

Sebagai makhluk sosial, manusia butuh manusia lain. Dengan bersama-sama segala sesuatu jadi lebih ringan. Buah Pikiran satu orang adalah lemah. Kelemahan ini bisa ditutupi dengan buah fikir bersama.

Agar pandai bermusyawarah bermusyawarah :

1—-> Sebelum bermusyawarah, maka setiap peserta musyawarah secara pribadi, saling memohonkan maghfiroh / ampunan satu sama lain. Serta memohon agar di turunkan rahmat-Nya pada forum yang akan berlangsung, agar keputusan nyang diambil adalah keputusan nyang diridhoi-Nya.
Doa dikerjain pade waktu2 mustajabul do’a. seperti 1/3 malam terakhir. Minimal setelah sholat subuh.
Redaksi Do’a Bersama : “Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami, bahwa yang benar itu adalah benar. Dan beri kami kekuatan dan kemampuan untuk melaksanakannya. Ya Alloh, tunjukilah kami bahwa yang salah itu adalah salah. Dan berikan kepada kami kekuatan / kemampuan untuk menjauhinya.”

2—-> Selalu berusaha untuk memberikan pendapat , apalagi jika di m9nta oleh pimpinan musyawarah, walopun hanya menyetujui pendapat sebelomnye..

3—-> Apabila pendapatnye diterima / dijadikan keputusan maka beristighfar di dalem hati, karena : Pertama, Menyadari kalo pendapatnye tersebut tentu saja banyak kelemahan / kekurangannye. Kedua, Sadar diri bahwa dia-lah nyang paling bertanggung jawab di hadapan Alloh SWT tentang sukses-gagal-nye pelaksanaan keputusan tersebut.

4—-> Apabila pendapatnye ditolak, maka segera ucapkanlah alhamdulillah di dalem hati. Bersyukur karena : Pertama. Alloh SWT tidak ngebebanin dia dengan tanggung jawab nyang belom mampu dipikulnye. Kedua, sadar kalo pendapatnye kurang bermutu.

5—-> Selama musyawarah berlangsung, tidak pernak memotong / menyerobot pembicaraan peserta laen.

6—-> Jika telah mufakat / terambil keputusan yang ditetapkan oleh pimpinan musyawarah, maka segera bersholawat di dalem hati. “Allohumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala ali muhammad.”

7—-> Berniat bulat dan keras, akan melaksanakan keputusan tersebut, walopun tidak cocok, tidak sesuai dengan pendapatnye…

demikianlah…

Wallohu a’lam Bisshowab

~al faqir syuhada al Aqse Fauzan al Musyahadah~

Advertisements

3 thoughts on “Cara Bemusyawarah/ Dialog/ Diskusi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s