Babi Haram…, Kenapa Sih?? [Part 1]: Babi Tuh Banyak Gunanya!!

Hmm.. kamu tahu nggak, kalau babi tuh mirip kayak pohon kelapa? Pohon kelapa tuh katanya semua bagiannya bisa berguna, dari akarnya sampai daunnya, makanya dipakai buat lambang pramuka. Nah, babi ternyata juga gitu, baik lemak, kulit, bulu apalagi daging, bahkan, kotorannya pun berguna! ’Keren’ kan? Tapi, kenapa babi diharamkan ya?? Trus, kenapa tidak dipakai sebagai lambang pramuka yang baru, gitu? ^^ Ini nih… liat aja daftar kegunaan babi di bawah ini.

1.Lemak
Lemak dan beberapa produk variannya berperan untuk:
– Lemak dan gliserin: softdrink, bahan kosmetik (facial, hand and body lotion), sabun, dll.
– Emulsifier: Lesitin, E471, dsb.
– Lard (lemak babi): pengempuk dan pelezat re-roti-an & coklat.
– Minyak: penyedap masakan.
– Bahan starter vetsin (ingat kasus Ajinomoto dulu!)

2.Bulu
Bulu berguna sebagai bahan kuas (bristle), seperti pada kuas roti, kuas cat tembok dan kuas lukis. Biro Pusat Statistik pada tahun 2002 melaporkan bahwa pada periode Januari hingga Juni 2001, Indonesia mengimpor boar bristle dan pig/boar hair sejumlah 282,983 ton (senilai 1.713.309 US $). Busyeett!!
    
Kalau kamu punya kuas di rumah, coba teliti apakah dari bahan plastik atau bulu babi. Caranya gimana? Nah, ambil 1 helai bulunya, lalu bakar! Cium bau bakarannya. Bila baunya sama dengan bau rambut atau kuku binatang yang terbakar, maka tentunya itu adalah bulu binatang (bau itu disebabkan adanya protein yang bernama keratin).

3.Daging
Daging babi merupakan sumber protein hewani yang murah. Harganya jelas lebih murah dari daging sapi, dan mudah diperoleh di pasaran. Sifat dagingnya sendiri selain empuk, seratnya halus, rasanya mmm…lezat. Nyummi! Mak nyuss deh!! Penggunaannya bisa sebagai campuran bakso, siomay, bakmi goreng, dan sebagainya.

4.Tulang
Tulang babi juga berguna lho. Dalam apa saja?
– Industri pariwisata: patung, ukiran, souvenir, dll.
– Industri makanan/minuman: arang tulang sebagai filter penyaring air mineral, karena pori-pori tulangnya bagus.
– Indutri obat: gelatin dari tulang sebagai bahan soft capsule.
– Industri pertukangan: bahan lem, dsb.

5.Organ Dalam
Beberapa organ dalam yang terpakai dan fungsinya:
– Transplantasi organ: ginjal, hati, jantung.
– Plasenta: kosmetika (facial, hand and body lotion), sabun, dsb.
– Enzim pencernaan: amilasi, lipase, tripsin, pankreatin, pepsin, dll.

6.Kulit
Berguna dalam industri kulit (leather handicrafts) seperti tas, sepatu, dompet, dll.

7.Kotoran
Kotoran babi berguna sebagai pupuk tanaman. Di Jepang, kotoran itu digunakan sebagai pupuk tanaman apel, karena dapat menciptakan warna merah pada kulit apel yang oke.

Tuh kan, kegunaan babi tuh lengkap…kap…kap. Semua bagian tubuhnya berguna. Meski begitu, buat kamu-kamu yang muslim, tetep, aturan Allah SWT nggak boleh dilanggar. Kalau sudah diharamkan, ya sudah, haram!! Nggak usah mikir-mikir aspek logisnya dulu, atau aspek ilmiahnya apa. Pokoknya, ada aturan.. ya taati aja!! Umm.. nanti baca deh tulisannya yang bagian kedua. He..he..he…

Nah, buat kamu-kamu yang di rumahnya banyak benda-benda yang disebut di atas, misalnya kuas roti, kosmetik, benda kerajinan kulit dan tulang, obat, de el-el, musti hati-hati dan waspada tuh. Juga bagi kamu yang hobi makan bakso, siomay, bakmi, roti, coklat, dan lain-lainnya, hati-hati aja deh, jangan main embat aja. Jangan-jangan dibuat dari……, aawww… tidaaaaaaaakkk!!!

Kalau ada yang berkilah, “ahh… bahan lain buat bikin barang-barang itu kan banyak. Buat kuas bisa pakai bulu binatang lain. Daging, tulang, kulit dsb. juga bisa dari binatang lain. Jadi huznudzon aja deh…. ” Hmm… bisa dianggep itu tuh cuma omongan doang buat nentrem-nentremin ati. Coba aja pikir, klo misalnya tentang bulu aja (untuk bikin kuas), pakai bulu kuda. Tahu gak sih, kalau kuda tuh masa hamilnya belasan bulan, trus anaknya juga paling cuma satu. Atau misalnya kerbau, gak jauhlah bedanya. Trus, berapa bulu dong yang bisa dihasilkan? Lalu, harganya berapa? Lain halnya dengan babi, lama kehamilannya paling cuma sekitar 3 bulan, trus anaknya bisa dua belasan ekor, bahkan lebih!! Pikir tuh!

copas from: http://shirotsuya.multiply.com/journal

Advertisements

10 thoughts on “Babi Haram…, Kenapa Sih?? [Part 1]: Babi Tuh Banyak Gunanya!!

  1. mantap bos!!!
    setuju!!!

    aku juga mulai konsern nih sama hal satu ini… terlebih aku lagi konsern mengenai lesitin / lesitin nabati / soya lechitine / soy lechitine / sejenisnya.

  2. AKU MO NELITI STRUKTUR MIKROSKOPIS RAMBUT BABI SUPAYA DAPAT DIGUNAKAN UNTUK IDENTIFIKASI CZ DENGAN CARA MEMBAKAR KURANG EFEKTIF CZ PALING CUMA BISA BEDAIN ANTARA BAHAN DARI POLIMER DAN RAMBUT BINATANG SAJA. NAH…DENGAN PENELITIAN YANG INSYA ALLAH AKAN AKU LAKUKAN…..AKU BERHARAP BISA BERMANFAAT BAGI KIYA SEMUA TERUTAMA MUSLIM…… MOHON DOANYA YA….. KALO ADA SARAN… AKU SENAG SEKALI… GIMANA PENDAPAT KALIAN?

  3. ada yang kurang…… maksudnya biar dapat digunaiin buat identifikasi suatu produk… misal: kuas n semacamnyalah….
    q berharap ada pihak yang mau mendanai proyek ini…

    cz merebaknya produk dari rambut sangat mengkwatirkan…
    babi tu haram n najis termasuk rambut nya

  4. Uupss.. maaf zahra, ternyata itu untuk akuntansi
    Kalo zahra domisilinya di Bogor, coba aja ke IPB atau ke Balitek yang ada di Bogor. Semoga sukses!

  5. makasih y indah
    pnelitianq dah jalan sekarang…… tapi y pke dana sendiri…he5
    ntar rencananya klo berhasil aq mo ngajuin ke mui, doain y
    ntar q kasoh tau deh hasilny….

  6. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

  7. alhamd. penelitianq tentang rambut ini dah selesai. secara mikroskopis rambut babi memiliki struktur khas dibandingkan dengan rambut sapi ataupun kerbau yaitu indeks medulanya kecil yang berarti menandakan bagian kortek lebih tebal dibandingkan medulanya. teman2 yang mo tanya lebih lanjut… kirim email ja…
    menurut teman2 perlu g q ngajuin hasil penelitianku ini k mui?

  8. ^_^ Wah.. huebat… mantab (pake qalqalah)…

    Indah yang memulai… Zahra yang melengkapi…

    @Zahra : Zahra punya blog gak? Saya pengen baca hasil penelitiannya…! Two thumbs up buat Zahra…
    Soal ngajuin ke MUI ya? Kalo menurut Zahra bisa membawa kebaikan bagi banyak orang, ajukan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s